TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN PERADABAN DUNIA

Posted on

images

Kilas balik beberpa penemuan teknologi yang merubah dunia

  1. Roda
  • Tak bisa dibayangkan jika tak diketemukan roda. Benda bundar pipih ini ditemukan di alat apa saja sejak zaman dulu hingga sekarang.
  • Konon ditemukan pertama kali di dekat Lujbljana, Slovenia pada 3.100 SM.
  1. Lampu pijar
  • Memiliki cahaya alami, dari sinar matahari produktivitas menjadi terbatas hanya untuk siang hari. Penemuan lampu pijar dapat mengubah dunia dengan memungkinkan kita melakukan aktifitas di malam hari.
  • Penemuan oleh Thomas Alpha Edison (1800) dalam menciptakan lampu pijar dapat menciptakan sistem pencahayaan yang sepenuhnya fungsional, termasuk generator dan kabel serta bola lampu filamen karbon, (1879) penemuan ini juga memiliki konsekuensi terhadap perubahan pola tidur orang
  1. Mesin cetak
  • Memasuki era digital saat ini penemuan mesin cetak telah mengubah dunia secara global.
  •   Abad ke-11. Marco Polo (China) membawa ide ini ke Eropa
  • 1295. Percetakan memungkinkan banyak sekali informasi yang terekam dan disebarkan ke seluruh dunia.
  • Johannes Gutenberg (Jerman) menciptakan mesin cetak sekitar tahun 1440. Mesin cetak ini meningkatkan banyaknya buku bisa dibuat, sehingga pengetahuan dengan mudah dapat disebar luaskan pengetahuan untuk pertama kalinya dalam sejarah.
  • Tahu 19500 Dua puluh juta buku telah dicetak di Eropa Barat.
  1. Telepon
  • Alexander Graham Bell adalah yang pertama diberikan hak paten untuk penemuan telepon listrik pada 1876.
  • revolusi bisnis dan komunikasi global dan komunikasi. menjadi cikal bakal ponsel dan smartphone yang kini kita gunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari.
  1. Penisilin

1928, Alexander Fleming (Skotlandia) memperhatikan bahwa bakteri akan mengisi penuh cawan petri di laboratorium ketika tutupnya sengaja dibuka. Sampel tersebut kemudian terkontaminasi dengan jamur. Saat jamur tersebut ada, bakteri akan mati. Jamur antibiotik tersebut adalah jamur Penicillium. Selama dua dekade berikutnya, ahli kimia memurnukan dan mengembangkan penisilin, yang dapat melawan sejumlah besar penyakit infeksi bakteri pada manusia tanpa merugikan manusia sendiri.

  1. Kartu Kredit
  • 970 Penemuan kartu kredit serta merta mengubah gaya hidup lebih dari 90% masyarakat di negara maju.
  • 1977, Bank Amerika secara resmi memberi lisensi kartu kredit kepada Visa.
  • 1995 hingga kini transaksi perbankan di AS bahkan seluruh dunia dilakukan secara elektronik.
  1. Televisi
  • 1926 John Logie Baird. merupakan penemuan teknologi televise yang mengubah dunia, benda kotak dengan gambar bergerak Kini televisi dapat ditemukan di setiap rumah sebagai sarana hiburan, pengetahuan dan berita dari seluruh penjuru dunia. Televisi memainkan peran penting dalam sosialisasi abad ke-20.
  • 1936 untuk pertama kalinya Olimpiade Berlin disiarkan di televisi. perkembangan televisi dan industri broadcasting menunjukkan kemajuan sangat pesat.
  1. Barcode

1952 oleh Joseph Woodland dan Bernard Silver.mendapatkan paten Barcode adalah penemuan teknologi yang mengubah dunia, yang diciptakan lebih dari 60 tahun lalu Penemuan barcode terutama UPC (Universal Price Codes) mulai digunakan secara komersial untuk berbagai produk yang dijual hampir di seluruh pusat penjualan. Kini dengan hanya mendekatkan barcode ke scanner laser, maka informasi produk seperti harga dapat terbaca dengan cepat, tepat dan sangat menguntungkan karena dapat meningkatkan efisiensi.

  1. Komputer
  • Komputer saat ini memegang peranan penting dari seluruh aktifitas dunia ada di mana-mana, sekolah, rumah sakit, kantor, universitas, restoran, kafe, pesawat, dan lainnya. Tak perlu diperdebatkan bagaimana hebatnya komputer mengubah dunia.
  1. Internet
  • Penemuan teknologi yang paling mengubah dunia adalah internet. Tidak diragukan lagi internet mengubah dunia.
  • Pada mulanya internet dibangun untuk kepentingan militer Departemen Pertahanan AS, dengan membuat sistem jaringan (web) komputer yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.
  • Internet hampir menjadi pusat kegiatan semua orang mulai dari mencari berita, informasi, social networking, jual-beli, perbankan, dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan hanya dengan duduk di depan layar komputer atau laptop kita dapat menjelajah dunia.
  • 10 negara di dunia yang menjadikan teknologi sebagai dasar utama dari kemajuan kehidupan mereka.
    1. Amerika Serikat

    Tidak diragukan lagi AS telah berada di garis depan di bidang kemajuan teknologi sejak abad ke-19 dan hingga kini.

    Banyak sekali teknologi berasal dari AS, mulai dari penemu, sejarah teknologi yang pertama kali di buat oleh dunia hingga sejumlah produk berteknologi tinggi.

    Sebut saja penemu bola lampu Thomas Alva Edison, ilmuwan Albert Einstein, bahkan AS pun berhasil mengirimkan astronotnya Neil Amstrong dan Buzz Aldrin menginjak bulan untuk pertama kalinya pada 20 Juli 1969.

    1. Finlandia

    Sejak terkena krisis di tahun 1950-an, Finlandia meningkat sebagai negara yang paling berteknologi maju di dunia dan menjadi negara paling berorientasi pada teknologi.

    Terkenal secara internasional, kepeduliannya terhadap teknologi tinggi dan kesehatan, peneliti Finlandia menjadi memimpin dan berkontributor di bidang perbaikan hutan karena Filandia memiliki hutan yang luas, materi baru, lingkungan, jaringan netral, low-temperature physics, penelitian otak, bioteknologi, teknologi genetik dan komunikasi.

    Dan teknologi komunikasi yang mengubah dunia adalah perusahaan ponsel Nokia yang juga berasal dari negara ini.

    1. Jepang

    Inilah negara dengan atmosfer yang sangat mendukung perkembangan kemajuan teknologi. Jepang adalah pemimpin dunia dalam penelitian ilmiah mendasar; penelitinya membuat kontribusi luar biasa dalam bidang elektronik, otomotif, mesin, teknik gempa, robotika industri, optik, semi-konduktor dan logam.

    Negara berkembang pesat dan menjadi pelopor dalam meluncurkan model baru dan produk dalam industri.

    1. Swedia

    Swedia, negara kecil ini adalah salah satu negara dengan standar hidup tertinggi di dunia dan terkenal karena berkualitas pengembangan ilmiah dan teknologi.

    Perkembangan Swedia memimpin terutama di segmen farmasi, ilmu kedokteran, ilmu alam dan rekayasa serta telekomunikasi.

    1. Korea Selatan

    Negara ini membuat kemajuan teknologi besar dalam bidang elektronik, mobil, kapal, mesin, petrokimia dan robotika.

    Korea Selatan menjadi negara yang berorientasi pada kemajuan teknologi. Korea berhasil menciptakan dan mengembangkan robot humanoid yang disebut HUBO dan Gynecoid EveR3 yang sangat mirip wanita Korea lengkap dengan pakaian tradisional khas Korea, Hanbok.

    Saat ini, siapa di antara Anda yang tidak mengenal Samsung, LG, KIA maupun Hyundai?

    1. Belanda

    Belanda juga merupakan negara terdepan dalam penemuan. Di bidang kedokteran, ilmuwan Belanda berhasil menciptakan ginjal buatan.

    Selain itu, compact disc, mikroskop, jam bandul, teleskop adalah penemuan yang berasal dari negara Belanda. Belanda pun menempati posisi 10 dalam Indeks Daya Saing Global terkemuka 123 negara

    1. Inggris

    Inggris adalah negara industri pertama di dunia dan telah memberikan pengaruh di bidang ilmiah dan teknologi yang kuat di dunia.

    Berbagai penemuan berasal dari Inggris seperti hidrogen, penemuan mesin lokomotif, mesin jet, World Wide Web, pijar cahaya lampu, televisi pertama, motor listrik, telegraf listrik komersial, dan sebagainya.

    Sementara untuk kemajuan militer, Inggris juga memiliki perumahan angkatan bersenjata paling berteknologi maju di dunia.

    1. Singapura

    Singapura adalah negara terkaya di dunia. Negara kecil ini memiliki lembaga teknologi untuk memfasilitasi warganya sumber daya atau kemudahan untuk melengkapi diri demi melanjutkan kemajuan teknologi.

    The Agency for Science, Technology and Research ( A*STAR) adalah lembaga pemerintah yang didedikasikan untuk mendorong penelitian dan pengembangan ilmu kesehatan, makanan, kemajuan penelitian klinis yang terkenal di seluruh dunia., meskipun negara kecil, namun Singapura memiliki militer yang paling berteknologi maju di Asia Tenggara.

    1. Kanada

    Kanada adalah negara yang berorientasi pada teknologi, dengan alokasi pemerintah dalam APBN sebesar 1,8%.

    Penggunaan internet di Kanada lebih dari 85% penduduknya. Kanada familiar dengan teknologi di bidang telekomunikasi khususnya ponsel atau smartphone yang sangat populer di dunia, BlackBerry.

    1. Australia

    Australia berkomitmen untuk berorientasi pada teknologi sebagai modal pembangunan untuk menjadi salah satu negara maju di dunia.

    Berbagai pusat penelitian dan ilmiah didirikan di Australia dengan fokus utamanya di bidang informasi, teknologi, komunikasi, bioteknologi, manufaktur, pertambangan, dan industri makanan.
    Sisi lain pengaruh teknologi 

    Samsung mencatatkan rekor keuntungan operasi sebesar 8,5 miliar dolar dengan keuntungan bersih sebesar 6,99 miliar dolar. ( laporan keuangan triwulan yang berakhir bulan Juni 2013 lalu )

    Sumber : http://jerujulayang.blogspot.co.id/2013/08/teknologi-dalam-kehidupan-peradaban.html

Tinggalkan komentar